Alasan Kominfo Ancam Blokir FB, WhatsApp, Instagram, Google, Mobile Legends hingga Free Fire Mulai 20 Juli

- 18 Juli 2022, 20:52 WIB
Alasan Kominfo Ancam Blokir FB, WhatsApp, Instagram, Google, Mobile Legends hingga Free Fire Mulai 20 Juli
Alasan Kominfo Ancam Blokir FB, WhatsApp, Instagram, Google, Mobile Legends hingga Free Fire Mulai 20 Juli /Pixabay/LoboStudioHamburg

SERANG NEWS – Simak alasan Kominfo ancam blokir platform digital yang menyediakan jasanya di Indonesia seperti Facebook, Instagram, WhatApp, Google, termasuk juga Mobile Legends hingga Free Fire.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atau Kominfo merilis sejumlah platform game online dan media sosial yang beroperasi di Indonesia.

Sebagian dari mereka masuk dalam catatan yang terancam diblokir jika tidak memenuhi persyaratan beroperasi di Indonesia seperti yang diatur dalam aturan Kominfo.

Lantas mengapa muncul wacana Kominfo ancam blokir Facebook dkk?

Wacana Kominfo bloki rFacebook, Instagram, WhatApp, Google, termasuk juga Mobile Legends hingga Free Fire dkk telah bergulir sejak akhir bulan lalu, tepatnya pada 22 Juni 2022.

Wacana ini berkaitan dengan imbauan mengenai batas akhir pendaftaran PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) di Indonesia.

Dilansir dari laman Kominfo bahwa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) baik untuk domestik dan luar negeri diharuskan untuk mendaftarkan unit bisnisnya ke kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelum tanggal 20 Juli 2022.

Pendaftaran PSE tersebut bertujuan untuk menciptakan ruang internet yang aman dan sehat bagi masyarakat pengguna di Indonesia.

Pendaftaran PSE dilakukan melalui sistem One Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) seperti mengacu pada Permen Nomor 71 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x