Momen Wagub Banten Serahkan Tanah Wiwitan Baduy dan Surosowan kepada Presiden Jokowi di IKN

- 14 Maret 2022, 13:13 WIB
Wakil Gubernur Banten menyerahkan tanah wiwitan Baduy dan Surosowan serta air Tirtayasa kepada Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Senin 14 Maret 2022.
Wakil Gubernur Banten menyerahkan tanah wiwitan Baduy dan Surosowan serta air Tirtayasa kepada Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Senin 14 Maret 2022. /Instagram/@andikahazrumy_official/

SERANG NEWS - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyerahkan tanah wiwitan Baduy dan Surosowan serat air Tirtayasa kepada Presiden Joko Widodo (Widodo).

Penyerahan dilakukan pada acara prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh Provinsi se-Indonesia di titik nol, Ibukota Negara Baru (IKN) di Kalimantan Timur, Senin 14 Maret 2022.

"Upacara Prosesi Penyatuan Tanah dan Air yang sudah disiapkan oleh para Gubernur Se Indonesia di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara," tulis Andika melalui akun Insgaram @andikahazrumy_official dikutip SerangNews.com.

Dalam video tersebut terlihat Andika menyerahkan tanah wiwitan Bududy dan Surowosan kepada Jokowi yang kemudian dimasukan ke dalam sebuah kenti Nusantara.

Baca Juga: Wagub Banten Bawa Tanah dari Wiwitan Baduy dan Surosowan serta Air Tirtayasa untuk Ditanam di IKN

Diketahui Presiden Jokowi menggelar seremonial Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa gubernur se-Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air kepada orang nomor satu di Republik Indonesia.

Selanjutnya diikuti sejumlah gubenur lainnya, termasuk Banten yang dan ditutup Gubenur Kalimantan Timur sebagai tuan rumah.

Menurut Jokowi, proses penyatuan tanah dan air sebagai bentuk kebhinekaan dan persatuan dalam membangun IKN Nusantara.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x