Wagub Banten Bawa Tanah dari Wiwitan Baduy dan Surosowan serta Air Tirtayasa untuk Ditanam di IKN

- 14 Maret 2022, 10:09 WIB
Potret ketika masyarakat ada Baduy melaksanakan Seba Baduy.
Potret ketika masyarakat ada Baduy melaksanakan Seba Baduy. /Tangkapan layar Instagram/@syafrida_photo/

SERANG NEWS – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bakal taburi Ibukota Negara Baru (IKN) dengan tanah dari Sunda Wiwitan Suku Baduy dan Surosowan.

Selain tanah dari dua tempat itu, Andika juga akan menaburi IKN di Kalimantan Imur dengan dengan air dari situs sungai Tirtayasa.

Dikatehui, Suku Baduy adalah salah satu masyarakat di Banten yang masih menjaga tradisi leluhurnya dan menjadi penjaga alam di Kanekes, Kabupaten Lebak.

Sedangkan Surosowan merupakan keraton di situs eks Kawasan Kesultan Banten. Termasuk Tirtayasa yang menjadi keraton kedua Sultan Ageng Tirtyasa.

Baca Juga: Temuan Srimanganti, Misteri Singasana Sultan Banten dan Potret Keraton Surosowan di Dokumen Orang Eropa

Tanah dari Wiwitan Baduy, Surosowan dibawa dalam satu wadah tembikar dan akan ditanah di lahan lokasi pembangunan IKN bersama dengan tanah dan air dari 33 provinsi lainnya di Indonesia.

“Saya mewakili Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) akan menghadiri undangan Pak Presiden (Presiden RI Joko WIdodo) yang akan menggelar kegiatan Kendi Nusantara di IKN,” kata Andika melalui siaran pers yang diterima SerangNews.com, Senin 14Maret 2022.

Andika Hazrumy terbang ke IKN Kalimantan Timur dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang pada pada Minggu 13 Maret 2022 siang.

Baca Juga: Makam di Kawasan Kesultanan Banten Terendam Banjir, Warga Menangis Histeris: Sudah Kaya Lautan

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x