Temuan Srimanganti, Misteri Singasana Sultan Banten dan Potret Keraton Surosowan di Dokumen Orang Eropa

- 29 Januari 2022, 22:01 WIB
Temuan kanal di pintu masuk ruang Srimanganti Keraton Surosowan Kesultanan Banten.
Temuan kanal di pintu masuk ruang Srimanganti Keraton Surosowan Kesultanan Banten. /Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS - Bangunan utuh Keraton Surosowan masih menjadi misteri. Temuan-temuan arkeologis yang ada belum bisa menjadi simpulan.

Tak terkecuali, temuan struktur bangunan ruang tunggu tamu Sultan Banten yang disebut dengan nama srimanganti, pada pertengahan Juli 2019.

Nama Srimanganti memang tercatat pada pupuh kronik Sajarah Banten (SB). Nama ini merujuk pada sebuah bangunan ruang tunggu tamu-tamu raja atau Sultan Banten.

Temuan tim ekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten pertengahan Juli 2019 lalu memberi petunjuk baru.Struktur bangunannya berupa fondasi berbahan batu bata dan karang.

Baca Juga: Kisah Sultan Ageng Tirtayasa dan Bangsawan Banten Mancing sambil Pantau Pembangunan Kanal di Tanara

Posisinya di depan pintu gerbang utara Keraton Surosowan. Lurus dengan Watu Gilang, tempat penobatan raja yang berlokasi di selatan lapangan raja (kini Alun-alun Banten Lama).

Temuan itu bersamaan keramik dari Cina dan Jepang, uang koin kesultanan, uang koin Belanda, dan peluru meriam.

Lantainya diduga terhubung hingga pintu masuk Keraton Surosowan, yang kini tinggal reruntuhannya saja. Konon, sebelum tamu masuk ke Surosowan, Sultan akan bertemu dengan para tamunya di ruang tersebut.

Temuan itu belum menjadi simpulan. Tapi, terangkai dengan petunjuk lain dari catatan Cortemunde, seorang ahli bedah asal Denmark, yang mengunjungi Sultan Banten pada 1673.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x