Sejarah Hari Ini 20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional dan Lahirnya Organisasi Budi Utomo

- 20 Mei 2022, 17:24 WIB
Sejarah hari ini 20 Mei 2022
Sejarah hari ini 20 Mei 2022 /Tangkap layar/Instagram @kemendikbudri

SERANG NEWS – Tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau biasa disebut dengan HARKITNAS.

Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen dimana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Kebangkitan Nasional Indonesia merupakan periode paruh pertama pada abad ke-20. Tepatnya pada saat masyarakat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai warga negara itu sendiri.

Baca Juga: Bikin Nostalgia, Ini Snack Gurih Jadul Favorit Generasi 90-an, Mana Favorit Kamu?

Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan Ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928) Untuk mengejar keuntungan ekonomi dan menguasai administrasi wilayah.

Kemudian Belanda menerapkan sistem pemerintahan kolonial pada orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki kesamaan identitas politik.

Pada awal abad ke-20, Belanda menetapkan batas-batas teritorial di Hindia Belanda, yang menjadi cikal bakal Indonesia modern. Setelah itu, pada paruh pertama abad ke-20, muncul sejumlah organisasi kepemimpinan yang baru.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Hari Ibu Internasional Dirayakan Hari Ini, Berikut Sejarah dan Pencetusnya

Melalui kebijakan Politik Etis, Belanda membantu menciptakan sekelompok orang Indonesia yang terpelajar. Perubahan yang mendalam pada orang-orang Indonesia ini sering disebut sebagai "Kebangkitan Nasional Indonesia".

Peristiwa ini juga dibarengi dengan peningkatan aktivitas politik hingga mencapai puncaknya pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x