10 Kerajaan Terbesar dan Paling Berpengaruh di Nusantara, dari Majapahit hingga Kesultanan Banten

- 15 Januari 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi 10 kerajaan terbeesar dan paling berpengaruh di Nusantara, dari Majapahit hingga Kesultanan Banten.
Ilustrasi 10 kerajaan terbeesar dan paling berpengaruh di Nusantara, dari Majapahit hingga Kesultanan Banten. /Instagram@majapahit_empire

SERANG NEWS – Sejarah Indonesia mencata banyak kerajaan-kerajaan besar di bumi Nusantara. Mulai dari Kerajaan Majapahit hingga Kesultanan Banten.

Pengaruhnya kerajaan-kerajaann tersebut pada masanya sangat luas dan disegani baik di Tanah Jawa hingga penjuru Nusantara. Baik ekonomi, politik, hingga sosial budayanya.

Semua kerajaan di Nusantara hingga saat ini masih menyisakan memori sejarah dalam dalam ingatan kolektif masyarakat Indonesia.

Semua sejarah tentang kejayaan kerajaan di Nusatara ini pun menjadi khasanah keilmuan dan warisan budaya sekaligus kekayaan bangsa Indonesia.

Apalagi, warisan budaya yang ditinggalkan kerajaan-kerajaan yang mendiami bumi Nusantara hingga saat ini masih ada yang dijumpai. Baik yang berupa situs artefak hingga dokumen-dokumen pentingnya yang patut terus dilestarikan.

Baca Juga: Daftar 7 Kerajaan Paling Lama dalam Sejarah Dunia, Berikut Nama dan Penjelasan Sejarahnya

Dilansir SerangNews.com dari berbagai sumber sejarah, berikut 10 kerajaan terbesar dan terkuat di Nusantara pada masa jayanya:

1. Majapahit

Kerajaan Majapahit sudah tentu sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x