Daftar 7 Kerajaan Paling Lama dalam Sejarah Dunia, Berikut Nama dan Penjelasan Sejarahnya

- 30 Desember 2021, 18:13 WIB
Ilustrasi kerajaan terlama di dunia dan sejarahnya.
Ilustrasi kerajaan terlama di dunia dan sejarahnya. /Pixabay/ELG21/

SERANG NEWS - Kerajaan adalah entitas politik yang memberikan kontrol atau dominasi atas entitas politik dan masyarakat lainnya.

Dunia telah memiliki kerajaan hampir sejak awal sejarah manusia. Beberapa kerajaan telah mencapai status global, dengan wilayah yang mencakup lebih dari satu benua.

Sejarah juga menunjukkan bahwa beberapa kerajaan bertahan lebih lama dari yang lain. Namun, beberapa hanya bertahan beberapa tahun, sementara yang lain bertahan berabad-abad.

Sementara, ada kerajaan yang telah bertahan lebih dari satu milenium.Berikut 10 Kerajaan terlama di dunia menurut sejarah

  1. Kerajaan Romawi (27 SM – 1453 M)

Kekaisaran Romawi adalah kekaisaran yang paling lama hidup dalam sejarah. Secara resmi menjadi sebuah kerajaan pada 27 SM. Setelah perang saudara mengakibatkan runtuhnya Republik Romawi. Pada saat Roma menjadi sebuah kerajaan.

Kerajaan Romawi sudah memiliki wilayah di seluruh Eropa Barat, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Akhirnya, Kekaisaran Romawi menjadi begitu besar sehingga pada abad ke-3 M, kaisarnya yaitu Diocletianus.

Baca Juga: Daftar 6 Negara Termuda di Dunia, Salah Satunya Pecahan Indonesia dan Baru Berdiri 11 Tahun

Sebelumnya, Kerajaan Romawi membagi dua wilayah Romawi Barat dan Kekaisaran Romawi Timur. Namun, Pada 476 Kekaisaran Romawi Barat jatuh.

Sementara, Kekaisaran Romawi Timur bertahan hingga abad ke-15 M, yang disebut sebagai Kekaisaran Bizantium.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: World Atlas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah