Lantai Bebas Jamur: 10 Tips Jitu Mengatasinya

- 8 April 2024, 20:16 WIB
ILUSTRASI mengepel lantai.*
ILUSTRASI mengepel lantai.* /Pixabay/


PIKIRAN RAKYAT SERANG
- Pada musim penghujan, rumah mudah lembab sehingga berpotensi jamur tumbuh di dalamnya. Hal itu juga membuat lanati juga ikut berjamur. Saat itu terjadi, tentunya bisa merusak keindahan rumah. Bahkan, jamur juga menyebabkan bau yang tidak sedap.

Maka dari itu, kamu perlu mengatasinya dengan 10 tips berikut ini.

1. Gunakan Hand Wash

Hand Wash dengan kandungan surfaktan sangat efektif dalam menghilangkan jamur dari lantai.  Hand Wash juga mampu mengangkat kotoran dan jamur tanpa merusak permukaan lantai. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan pelindung diri saat menggunakannya

2.      Pakai Garam dan Cuka

Selain Hand Wash, garam dan cuka bisa jadi tips mengatasi lantai bebas jamur. Garam non-yodium dan cuka putih dicampur lalu digunakan sebagai pembersih. Campuran ini memiliki sifat antijamur yang efektif untuk membersihkan lantai keramik yang kotor.

Garam berfungsi sebagai agen abrasif yang membantu mengangkat kotoran dan jamur dari permukaan lantai. Untuk cuka memiliki sifat antimikroba yang efektif membunuh jamur serta menghilangkan bau tak sedap.

3.      Bilas Kain Pel

Bilas kain pel adalah tips efektif untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada lantai. Setelah proses membersihkan lantai dengan cairan pembersih seperti hand wash, maka langkah selanjutnya melakukan pembilasan menggunakan air bersih.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa larutan pembersih dan kotoran yang masih menempel pada permukaan lantai.

4.      Keringkan Karpet

Karpet yang basah atau lembab dapat menjadi tempat ideal bagi jamur untuk tumbuh. Dengan mengeringkan karpet secara menyeluruh, kamu dapat mencegah pertumbuhan jamur yang berpotensi merugikan.

Kelembaban yang tinggi di karpet dapat memicu pertumbuhan jamur. Apalagi pada daerah-daerah yang lembap atau kurang terkena sinar matahari.

5.      Gunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah solusi efektif untuk mengatasi jamur pada lantai. Sebab, sifatnya yang antimikroba dan pemutih alami. Campuran hidrogen peroksida dengan air dapat digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan jamur serta lumut yang tumbuh pada lantai.

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x