Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Begini Awal Dikukuhkannya Sebagai Hari Nasional

- 6 Desember 2021, 22:04 WIB
Ilustrasi hari ibu tanggal 22 Desember 2021 lengkap dengan sejarah dan referenai ucapan menyentuh hati
Ilustrasi hari ibu tanggal 22 Desember 2021 lengkap dengan sejarah dan referenai ucapan menyentuh hati /Pixabay.com/ Satya Tiwari

SERANG NEWS - Tanggal 22 Desember diingat sebagai Hari Ibu di Indonesia.

Hari Ibu spesial diperingati oleh seluruh masyarakat sebagai bentuk penghargaan untuk perjuangan perempuan-perempuan di Indonesia dari masa ke masa.

Peringatan Hari Ibu Nasional berjarak hanya beberapa pekan dari acara Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Baca Juga: 28 November Diperingati Hari Dongeng Nasional, Begini Sejarahnya, Ada Peran Anies Baswedan

Kemudian diadakan Kongres Perempuan Indonesia untuk pertama kalinya di Yogyakarta atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan.

Kongres Perempuan Indonesia pertama tersebut digelar pada 22-25 Desember 1928.

Hasil keputusan dari Kongres Perempuan Indonesia I tersebut adalah pembentukan organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Baca Juga: Sejarah Asal Asul Kesultanan Banten dan Daftar Sultan Banten Pertama hingga Terakhir

Penetapan 22 Desember sebagai hari ibu terjadi pada tahun 1938, yaitu saat Kongres Perempuan Indonesia yang ketiga dilaksanakan di Bandung. Dari sana 22 Desember pada akhirnya ditetapkan sebagai Hari Ibu.

Kemudian hal itu dikukuhkan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Hari Ibu resmi sebagai hari nasional dan buka hari libur.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x