Nama Ibukota Negara Baru dan Kilas Balik Politik Nusantara dari Zaman Singasari hingga Majapahit

- 22 Januari 2022, 05:00 WIB
Ibukota Negara Baru dan politik Nusantara.
Ibukota Negara Baru dan politik Nusantara. /Instagram @nyoman_nuarta/

SERANG NEWS – Nama Nusantara kembali ramai dibicarakan publik Tanah Air. Hal ini menyusul rencana penggunaan nama tersebut sebagai Ibukota Negara Baru (IKN).

Apalagi, pengunanaan nama Nusantara mengingkat kembali pada politik Dwipantara atau Nusantara dari masa Kerajaan Singasari hingga Majapahit.

Diketahui, pemilihan istilah Nusantara sebagai nama IKN yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, setelah sebelumnya diusulkan beberapa alternatif nama.

Kepala Bappenas Suharso Monoarda menjelaskan, pemilihan nama Nusantara setelah melalui proses pemilihan, ada dua alternatif yang dipilih sebagai nama IKN.

Baca Juga: Menengal Sosok Kertanegara, Raja Singasari yang Sempat Jadi Pilihan Nama IKN sebelum Dipilih Nusantara

"Ada dua alternatif ibukota negara yang bernama Nuantara adalah satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus," katanya melalui konferensi pers secara virtual pada Senin 11 Januari 2022.

Setelah terdapat 80 nama dan dipilah menjadi dua nama, pada akhirnya nama Nusantara yang diputuskan setelah mendapat masukan dari akhli bahasa dan sejarah.

Beberapa opsi nama yang muncul antara lain, Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Pertiwi Purwa, Wana Pura, Cakrawala, Pura hingga Kertajaya.

"Akhirnya dipilih kata Nusantara, tanpa ada kata jaya," katanya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x