Familiar Trip to Lebak: Asyiknya Menjelajahi Masyarakat Adat Baduy hingga Museum Multatuli

- 10 November 2021, 14:10 WIB
Peserta Familiar Trip to Lebak sedang mencoba membuat tenun Baduy dipandu perempuan Baduy.
Peserta Familiar Trip to Lebak sedang mencoba membuat tenun Baduy dipandu perempuan Baduy. /SerangNews.com/Ken Supriyono/

SERANG NEWS - Kabupaten Lebak memiliki pesona alam yang indah sebagai destinasi wisata dan keberagaman budaya.

Salah satunya, Masyarakat Adat Baduy yang terkenal dengan keteguhan masyarakatnya dalam menjalankan ajaran para leluhur untuk menjaga keseimbangan hidup dan keserasian alam.

Selain itu, Kabupaten Lebak memiliki jejak peninggalan sejarah, yang salah satunya telah diabadikan menjadi museum, yakni Museum Multatuli.

Menyelami keindahan alam, keberagaman budaya dan warisan sejarah di Kabupaten Lebak, Dinas Pariwisata Provinsi Banten bersama menggelar Familiar Trip to Lebak bersama pelaku wisata, komunitas dan media, pada Senin-Selasa 8-9 November 2021.

Baca Juga: Sebut Suku Baduy Penjaga Paru-Paru Dunia, Erick Thohir Kerahkan BUMN Bantu Masyarakat Adat Baduy

Perjalanan dilakukan dari halaman Dinas Pariwisata Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, dan langsung menuju Desa Adat Baduy atau yang biasa disebut dengan istilah Saba Budaya Baduy.

Selanjutnya, rombangan diajak melihat secara langsung koleksi benda bersejarah di Museum Multatuli yang berada di tangah Kota Rangkasbitung dan pusat Industri Kreatif di Kabupaten Lebak.

Perjalanan panjangg yang cukup melelahkan dari Kota Serang terbayar lunas ketika rombongan memasuki gerbang pintu Desa Adat Baduy Luar di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Peserta Familiar Trip disambut kokolot Masyarakat Adat Baduy Luar di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.
Peserta Familiar Trip disambut kokolot Masyarakat Adat Baduy Luar di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x