Seba Baduy 2021 Digelar Sederhana, Pegiat Budaya Banten: Jangan Gunakan Istilah Wisata Baduy

- 23 Mei 2021, 16:33 WIB
Pelaksanaan Seba Baduy 2021 di Gedung Negara Banten, Kota Serang.
Pelaksanaan Seba Baduy 2021 di Gedung Negara Banten, Kota Serang. /Dok. TU Pim Pemprov Banten/

SERANG NEWS – Pelaksanaan Seba Baduy 2021 dilaksanakan secara sederhana di Gedung Negara Provinsi Banten Jalan Brigjen KH Syam'un Nomor 5 Kota Serang, Sabtu 22 Mei 2021 malam.

Pelaksanaan Seba Baduy 2021 secara sederhana ini tidak terlepas adanya pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Atas keadaan pelaksanaan Seba Baduy 2021, Pemerintah Provinsi Banten meminta maaf kepada masyarakat Baduy.

Seba Baduy tahun ini merupakan Seba Gede yang sedianya digelar dengan meriah. Namun karena keadaan masih pandemi, Seba Gede pun dilakukan dengan sederhana.

Pada Seba Baduy kali ini, Pemprov Banten hanya menerima masyarakat Baduy sebanyak 24 orang sebagai perwakilan. Sebanyak tujuh orang merupakan masyarakat Baduy Dalam, sisanya dari Baduy Luar.

Baca Juga: Masyarakat Adat Baduy Kecewa Ritual Seba Tanpa Dihadiri Gubernur dan Wakilnya

Perwakilan Seba Baduy diterima Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Tabrani. Ia menyampaikan permohonan maaf Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) atas pelaksanaan Seba Gede tahun ini yang acaranya dibatasi karena keadaan pandemi Covid-19.

"Malam ini keadaan seba baduy tidak seperti biasanya,  banyak yang ingin hadir tapi di batasi karena situasi pandemi Covid-19," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Tabrani mengajak masyarakat untuk menjadikan masyarakat Baduy sebagai teladan, terutama dalam konsistensi menjaga lingkungan dan alam.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x