Kronologi Kasus Lahan Munjul Bikin Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Diperiksa KPK

- 21 September 2021, 11:06 WIB
CEK FAKTA: Anies Baswedan Dipecat dan Dipenjara, Anggaran DKI Jakarta Hangus Triliunan Rupiah, Ini Faktanya
CEK FAKTA: Anies Baswedan Dipecat dan Dipenjara, Anggaran DKI Jakarta Hangus Triliunan Rupiah, Ini Faktanya /Tangkapan layar Instagram/@aniesbaswedan//

SERANG NEWS- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi pada Selasa 21 September 2021.

Keduanya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada tahun 2019.

Lalu bagaimana kronologi kasus lahan Munjul yang bikin Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI diperiksa KPK hari ini.

Dikutip SerangNews.com dari berbagai sumber, kasus ini berawal saat BUMD DKI Perusahaan Daerah Pembangunan Sarana Jaya (PDPSJ) mencari tanah di wilayah Jakarta yang akan dijadikan unit bisnis ataupun bank tanah.

Baca Juga: Anies Diperiksa KPK Kasus Pengadaan Lahan Munjul, BEM UI Tuding Presiden Jokowi Rezim Anti Kritik

Pengadaan tanah ini awalnya ditujukan untuk pembangunan proyek rumah DP nol persen yang menjadi janji Kampanye Anies Baswedan saat Pilkada.

Salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan PDPSJ dalam pengadaan tanah di antaranya adalah PT Adonara Propertindo yang kegiatan usahanya bergerak di bidang properti tanah dan bangunan.

Selanjutnya pada 8 April 2019, disepakati penandatanganan Pengikatan Akta Perjanjian Jual Beli di hadapan notaris yang berlangsung di kantor Sarana Jaya antara pihak pembeli yaitu Yoory Corneles (Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya) dengan Wakil direktur PT Adonara Propertindo, Anja Runtuwene (AR), selaku pihak penjual.

Saat itu juga diketahui, langsung dilakukan pembayaran sebesar 50 persen atau sekitar sejumlah Rp108,9 miliar ke rekening bank milik AR pada Bank DKI.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x