Profil dan Biodata AR Baswedan, Wartawan dan Kakek Anies Baswedan yang Tercatat sebagai anggota BPUPKI

- 11 Agustus 2021, 12:26 WIB
AR Bawedan (kiri) dan Anies Baswedan (kanan)
AR Bawedan (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) /Tangkap layar Kanal YouTube Anies Baswedan/

SERANG NEWS - Nama Abdurahman Baswedan atau yang dikenal AR Baswedan adalah salah satu tokoh yang tercatat dalam anggota Badan Usaha Penyelidikan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pria peranakan Arab kelahiran Surabaya, Jawa Timur 9 September 1908 ini dikenal sebagai seorang wartawan atau jurnalis sekaligus pejuang kemerdekaan.

AR Baswedan yang tak lain adalah kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang juga dikenal sebagai diplomat, mubalig sekaligus sastawan Indonesia.

Sebagai seorang jurnalis atau wartawan, AR Baswedan memiliki kecakapan menulis dalam bahasa Indonesia. Ia menguasai Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda.

Baca Juga: Profil Sayuti Melik, Sosok Wartawan Pejuang yang Mengetik Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kiraphnya sebagai wartawan atau jurnalis dimulai ketika menjadi Redaktur Harian Sin Tit Po di Suarabaya, Harian Soera Oemooem Surabaya, Matahari di Semarang, dan beberapa Koran Harian lainnya.

Sementara, jalan politik AR Baswedan tercatat menjadi pendiri dan Ketua Partai Arab Indonesia (PAI). PAI memperjuangkan penyatuan penuh keturunan Arab dengan masyarakat Indonesia dan terlibat aktif dalam perjuangan bangsa.

Selain mengonsolidasikan kekuatan internal, ia juga membangun komunikasi dengan pihak luar, yaitu gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia lainnya, seperti Soekarno, Moh. Hatta, Sutan Sjahrir, dan Moehammad Husni Thamrin.

Pada 21 Mei 1939, PAI turut bergabung dalam Gerakan Politik Indonesia (GAPI) yang dipimpin Moehammad Husni Thamrin.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x