Daftar Pembahasan dalam Dokumen Risalah Sidang BPUPKI dan PPKI Kemerdekaan Indonesia

- 9 Agustus 2021, 19:37 WIB
Dokumen risalah sidang BPUPKI dan PPKI Kemerdekaan Indonesia
Dokumen risalah sidang BPUPKI dan PPKI Kemerdekaan Indonesia /Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS – Tepat pada 17 Agustus 2021, Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-76.

Perayaan HUT RI ke-76 ini diperingati dengan peristiswa bersejarah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno Hatta di Jalan Pengangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada 17 Agustus 1945.

Kemerdekaan Indonesia didapatkan bangsa Indonesia melalui perjuangan panjang, dari jalan angkat senjata hingga jalan pemikiran yang dilakukan para pendiri bangsa.

Sebelum dan sesudah awal kemerdekaan, berbagai persiapan kemerdekaan dilakukan secara marathon yang terekam dalam risalah sidang Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Baca Juga: Mau Merayakan HUT RI ke-76 Bareng Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin? Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Bersamaan HUT RI ke-76, SerangNews.com mencoba merangkung daftar pembahasan dalam dokumen risalah sidang BPUPKI dan PPKI yang dilaksanakan mulai 29 Mei – 19 Agustus 2021.

Dalam risalah sidang BPUPKI dan PPKI, yang diterbitkan Sekretariat Negara Republik Indonesia pada 1980, dan dicetak ulang edisi revisi pada 1992, tercatat beberapa pokok permahasan dalam sidang bersejarah tersebut.

Baca Juga: Jejak Bersejarah Hotel Voos Kota Serang (2/selesai) Kisah Pengibaran Merah Putih Pertama di Banten

Sidang BPUPKI

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x