Potret Sejarah Pendidikan Banten Masa Lalu 2: Pro Kontra Berdirinya Sekolah OSVIA di Kota Serang

- 4 Mei 2021, 03:15 WIB
Murid OSVIA di Kota Serang Banten pada masa Pemerintah Kolian  Belanda.
Murid OSVIA di Kota Serang Banten pada masa Pemerintah Kolian Belanda. /Dok. OSVIA di Serang Banten: 1900-1927 karya Usmaedi./

SERANG NEWS - Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan OSVIA. Kota Serang dijadikan lokasi gedung sekolah pangreh praja atau calon pegawai-pegawai zaman Hindia Belanda.

Lokasi Gedung OSVIA ini, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Cipare, Kota Serang. Gedungnya yang kini difungsikan sebagai Markas Polres Serang Kota.

Penetapan Kota Serang sebagai lokasi OSVIA atau Opleidingen School voor Inlandsche Ambtenaren dilakukan pada 5 Oktober 1908. Dasarnya, Surat Keputusan Nomor 1 Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Pemilihan Kota Serang sebagai lokasi Gedung OSVIA diwarnai pro kontra. Dalam catatan notulensi rapat, menunjukkan silang pendapat atas pendirian sekolah di Ibukota Banten itu.

Baca Juga: Potret Sejarah Pendidikan Banten Masa Lalu: Kota Serang Pusat Pendidikan, Gedung Sekolah Tumbuh Subur

Udara yang panas jadi dalih kelompok yang kontra menolak pendirian OSVIA di Serang. Juga dalih masyarakat Serang yang homogen dan mayoritas petani. Pandeglang dan Bogor jadi alternatif pilihan.

Dalam perjalanannya, alasan itu tak cukup kuat untuk mewujudkan pendirian OSVIA di Kota Serang. Pertimbangan politis lebih dikedepankan. Kota Serang adalah ibukota Residen Banten. Pusat kota yang banyak ditinggali keluarga pejabat kolonial.

Catatan OSVIA dalam buku 'Banten dan Pembaratan Sejarah Sekolah 1833-1942' karya Mufti Ali disebutkan, pendirian sekolah diawali proses panjang dengan studi kelayakan. Juga perdebatan alasan pemilihan lokasi.

Silang pendapat terlihat dari dokumen seperti notulensi rapat, dengar pendapat dengan Raad van Nederlanlansch-Indie dari Direktur Pertanian, catatan Departemen OEN, dan catatan dari Dinas Pemerintahan Dalam negeri.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x