Masa Pembuangan dan Akhir Kisah 'Jalan Sunyi' Bapak Pers Indonesia Tirto Adhi Soerjo

- 7 Desember 2020, 16:18 WIB
Lukisan Bapak Pers Nasional Tirto Adhi Seorjo.
Lukisan Bapak Pers Nasional Tirto Adhi Seorjo. /Ken Supriyono/Serang News/

SERANG NEWS – Menjelang akhir hayatnya menjadi hari-hari yang sulit bagi Tirto Adhi Soerjo dari timbunan kesulitan.

Seperti umumnya terjadi pada seorang pejuang kemerdekaan, mereka dikalahkan, dan dibabat. Nama dan perannya dihilangkan dalam hiruk pikuk politik.

Manggadua, Jakarta 7 Desember 1918, sebuah iring-iringan kecil, sangat kecil, yang bukan kerabat atau kawan seperjuangan menghantarkan jenazah Tirto Adhi Soerjo ke peristirahatan terakhir.

“Tak ada pidato-pidato sambutan, pewartaan atas jasa-jasa dan amalan dalam hidupnya yang berlangsung pendek. Selepas itu, orang pun meninggalkannya,” tulis Muhidin M Dahlan dan Iswara N Radiya dalam epilog buku Karya-karya lengkap Tirto Adhi Soerjo yang dikutip SerangNews.com, Senin 7 Desember 2020, tepat 102 tahun meninggalnya Tirto Adhi Seorjo.

Baca Juga: Senjata Pena Tirto Adhi Soerjo, Mas Marco Kartodikromo: Pengguncang Bumiputra Bangun Dari Tidurnya

Hal serupa juga ketika Tirto pertama kali berangkat ke pembuangan yang hanya dihantar Bupati Cianjur, RAA Prawiraredja. Seorang yang pertama kali membantunya menerbitkan Soenda Berita dan pertama kali menyokong Medan Prijaji.

“Sebuah antiklimaks dan akhir kisah yang suram dan tragis,” sebut Muhidin.

Nyaris berkebalikan dengan usaha-usaha yang pernah dilakukannya dalam satu putaran hidupnya yang pendek. Yakni, menggerakan dan mengabarkan bahwa Republik yang masih dalam angan-angan itu harus mandiri. Harus berdaulat dan manusia-manusianya merdeka.

“Menjelang tercekik ajal, Tirto memang sudah digencet di sana sini dari tindakan-tindakan yang diambilnya sendiri. Pekerjaan sebagai penulis dan sekaligus penyuluh orang-orang melata di sarang kolonialisme bukan sesuatu yang mudah,” papar penulis buku Seabad Pers Kebangsaan itu.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x