Profil Sayuti Melik, Sosok Wartawan Pejuang yang Mengetik Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

- 10 Agustus 2021, 16:16 WIB
Profil Sayuti Melik, Wartawan yang menjadi juru ketik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Profil Sayuti Melik, Wartawan yang menjadi juru ketik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. /Instagram.com/aliapewe

SERANG NEWS - Nama Sayuti Melik dikenang bangsa Indonesia karena peran pentingnya dalam sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Pemilik nama lengkap Mohamad Ibnu Sayuti ini dikenal sebagai sosok yang mengetik teks naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang disusun oleh Soekarno, Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo.

Sayuti Melik menjadi orang yang ditunjuk sebagai pengetik teks naslah Proklamasi karena ia adalah seorang aktivis pejuang sekaligus wartawan yang saat itu menjabat sebagai Pemimpin Redaksi surat kabar.

Selain dirinya yang menjadi wartawan sekaligus aktivis, istriya Soerastri Karma Trimurti, juga seorang wartawati dan aktivis perempuan di zaman pergerakan dan zaman setelah kemerdekaan.

Baca Juga: Daftar Pembahasan dalam Dokumen Risalah Sidang BPUPKI dan PPKI Kemerdekaan Indonesia

Sayuti Melik dilahirkan Sleman, Yogyakarta pada 22 November 1908 dari pasangan Abdul Muin alias Partoprawito dan Sumilah.

Semangat nasionalismenya sudah tumbuh sejak kecil ketika melihat langsung ayahnya melakukan perlawanan terhadap kebijakan Belanda, yang menggunakan sawah keluarganya untuk ditanami tembakau.

Setelah beranjak remaja, Sayuti mendalami makna nasionalisme dari gurunya yang berkebangsaan Belanda H.A Zurink. Di saat usianya masih belasan, jiwa nasionalisme semakin berkobar setelah bersinggungan langsung dengan salah satu pergerakan di Kauman, Solo, yakni Haji Mischbah.

Kepadanya ia belajar tentang Marxisme dan Islam bergerak yang menjadi salah satu bacaan kaum pergerakan pada zamannya. Dalam perjalanannya, Sayuti Melik pun mulai perkenalan peramanya dengan Seokarno atau Bung Karno di Bandung pada 1926.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x