Vaksinasi Tahap 3 Siap Dilaksanakan, Ini Tips Jubir AKB dr. Raisa agar Vaksin Aman dan Maksimal

- 25 Maret 2021, 11:22 WIB
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr. Reisa Broto Asmoro saat vaksinasi.
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr. Reisa Broto Asmoro saat vaksinasi. /Dok. KPCPEN for SerangNews.com/

SERANG NEWS – Vaksinasi covid-19 akan memasuki tahap ke-tiga. Masyarakat calon penerima vaksin diminta untuk mempersiapkan diri jelang pelaksanaannya.

Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr. Reisa menyebut, Februari sampai dengan Maret 2021 atau dalam tahap kedua program vaksinasi Covid-19 ini, Kementerian Kesehatan menargetkan kaum lanjut usia (Lansia) dan pelayan publik sebagai kelompok sasaran penerima vaksin.

“Vaksin dapat menyelamatkan nyawa. Vaksin selama ini telah terbukti dapat melindungi kita dari berbagai penyakit menular. Dan vaksin Covid-19 yang digunakan pada masa darurat pandemi ini efektif mengurangi resiko infeksi berat dan fatal dari covid-19. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan dampak yang optimal, yakni tercipta kekebalan tubuh semaksimal mungkin,” kata dr. Reisa melalui siaran pers yang diterima SerangNews.com, Kamis 25 Maret 2021.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Dihentikan, Azis Syamsuddin Desak BPOM Melanjutkan: Sayang Gagasan Besar Gagal

Baca Juga: Sempat Heboh soal Kehalalan Vaksin AstraZeneca, Pemkot Tangerang Ikut Putusan Pemerintah dan MUI

Saat ini, sudah sekitar 6 juta masyarakat Indonesia yang menerima vaksin dosis pertama dan sekitar 2,5 juta orang yang sudah menerima vaksin dosis ke-2. Namun, sayangnya, laporan Kemenkes per 21 Maret 2021, menunjukkan masih ada beberapa orang yang sudah terdaftar harus tertunda proses vaksinasi dikarenakan kondisi kesehatan yang belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

Maka dari itu, Jubir dan Duta AKB dr. Reisa menyarankan ‘Tiga, sebelum Tiga’ untuk mereka yang akan vaksinasi Covid-19. “Praktekkan tiga langkah persiapan, sebelum mendapatkan tiga manfaat vaksinasi,” ujar dr. Reisa.

Pertama, Lakukan Pendaftaran dan Pastikan Apabila Nama Sudah Terdaftar.

Calon penerima vaksin yang merupakan sasaran vaksinasi pada periode ini sudah terdaftar di dalam Sistem Satu Data Vaksinasi yang dikembangkan pemerintah. Pada dasarnya akan mendapat giliran untuk divaksin di fasilitas pelayanan kesehatan.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x