100 Hari Kapolri Listyo Sigit, DPR asal Banten Sebut Citra Polisi Membaik dan Banyak Inovasi

- 9 Mei 2021, 17:30 WIB
Anggota DPR RI asal Banten Moh. Rano Alfath
Anggota DPR RI asal Banten Moh. Rano Alfath /Ken Supriyono/SerangNews.com/


SERANG NEWS - Anggota Komisi III DPR RI Moh. Rano Alfath menyebut 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sudah banyak inovasi.

Inovasi itu, sebut Rano Alfath, membuat citra Korps Bhayangkara di bawah Kapolri Listyo Sigit Prabowo menunjukkan trend positif.

Menurutnya, ada beberapa indikator keberhasilan Kapolri dalam memperbaiki kinerja baik citra Kepolisian di masyarakat sejauh masa kepemimpinan Kapolri Listyo.

Yang pertama, hasil survey Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) yang membuktikan bahwa 84,2 persen masyarakat Indonesia merasa puas dengan program kerja 100 hari kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo.

Baca Juga: Jalankan Instruksi Kapolri Listyo Sigit, Kantor Polres hingga Polsek di Tangsel Sediakan Sarana untuk Difabel

"Ini ada kenaikan dibandingkan tahun 2020 dimana hasil survey menunjukan 82,9 persen people satisfaction," kata Rano kepada SerangNews.com, Minggu 9 Mei 2021.

Indikator kedua, lanjut Rano, adalah keberhasilan Kapolri dalam membawa inovasi lewat kehadiran Polisi di area digital maupun peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengawasi kinerja Polri.

"Mulai dari inovasi tilang elektronik (ETLE) dan perpanjangan SIM online yang transparan dan tidak diskriminatif dalam pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Ajak Warga Perangi Aksi Terorisme, Rano Alfath: Waspada tapi Jangan Takut!

"Apalagi sekarang masyarakat juga bisa lebih partisipatif dalam mengawasi Polri lewat program Dumas Presisi (Pengaduan Masyarakat online) dan Propam Presisi dimana masyarakat bisa melaporkan oknum-oknum polisi yang tidak bertanggungjawab," sambung anggota Fraksi PKB ini.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x