Singgung Perdamaian Indo-Pasifik, Presiden Jokowi Sebut China Pemimpin Ekonomi Global

- 13 November 2020, 12:30 WIB
Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang dilaksanakan secara virtual melalui konferensi video, Kamis, 12 November 2020. /setneg.go.id
Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang dilaksanakan secara virtual melalui konferensi video, Kamis, 12 November 2020. /setneg.go.id /

SERANGNEWS.COM – Forum KTT ASEAN Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dimanfaatkan Presiden Joko Widodo untuk menyerukan perdamaian di kawasan Indo-pasifik.

Menurutnya, stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik belakangan ini diwarnai dengan ketidakpastian.Tak terkecuali, menajamnya rivalitas dan ketegangan di Laut China Selatan.

Presiden menyatakan kekhawatirannya apabila hal demikian terus berlanjut, maka pemulihan menyeluruh di Kawasan dari pandemi Covid-19 akan semakin sulit.

Baca Juga: Membanggakan Dua Pemain Muda Diklat Persib Bandung Ikut Garuda Select III

"Kita semua, tanpa terkecuali, memiliki tanggung jawab menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," katanya dalam KTT ke-23 ASEAN-RRT secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 12 November 2020.

Menurutnya, menyongsong tiga dekade kemitraan antara ASEAN dengan RRT pada 2021 mendatang, menjadi momentum baik untuk mendorong peningkatan kerja sama kedua pihak untuk meraih lebih banyak kemajuan.

Selain soal perdamaian Indo-Pasifik, Jokowi menyampaiakan pandangannya mengenai jalan keluar di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Di KTT ASEAN-Korea Selatan, Jokowi Bicara Vaksin Covid-19, Ketahanan Kesehatan dan UMKM Digital

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Pastikan BSU Subsidi Gaji Termin II Sudah Disalurkan 

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x