Gempa Bumi Magnitudo 4.0 Guncang Kabupaten Bandung, Getaran Terasa hingga Soreang

- 1 November 2020, 22:51 WIB
Gempa tektonik Magnitude 4.0
Gempa tektonik Magnitude 4.0 /BMKG

SERANGNEWS.COM - Gempa tektonik berkekuatan magnitude 4.0 mengguncang kawasan Kabupaten Bandung pada Minggu 1 November 2020 malam sekitar pukul 21.34 WIB.

Berdasarkan hasil analisa Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4.0. Titik gempa terletak pada koordinat 7.20 LS dan 107.60 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 kilometer.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangannya mengatakan untuk jenis dan mekanisme gempa bumi sendiri, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela,” kata Hendro lewat keterangan resmi yang diterima Serangnews.com, Minggu 1 November 2020.

Baca Juga: Nendi Rustiandi Pimpin GP Ansor Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat,” tambah Hendro.

Menurut Hendro, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.  Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Sementara itu, di Kecamatan Ciparay, Majalaya dan Baleendah gempa dirasakan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Baca Juga: Hasil Liga Italia, Ibrahimovic Cetak Gol Akrobatik, AC Milan Menang 2-1 Lawan Udinese

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x