Sambut Menlu AS, Presiden Jokowi Inginkan Amerika sebagai True Friend of Indonesia

- 29 Oktober 2020, 19:38 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan Menlu AS Mike Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.
Presiden Jokowi berbincang dengan Menlu AS Mike Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. /BPMI/Setpres

SERANGNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 29 Oktober 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menekankan perlunya memelihara kemitraan antara Indonesia-Amerika Serikat di bidang ekonomi dan pemeliharaan stabilitas perdamaian di Asia Tenggara.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang mendampingi pertemuan menyampaikan, Presiden Jokowi menekankan beberapa hal. Salah satunya kemitraan di antara kedua belah pihak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu AS Mike Pameo di Istana Bogor

"Tadi Presiden mengatakan bahwa Indonesia bermitra dan berteman baik dengan Amerika. Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia, tapi hal ini tidak bisa take it for granted," katanya, dalam konferensi pers virtual seusai mendampingi Presiden menerima Menlu AS di Bogor sebagaimana Serangnews.pikiran-rakyat.com kutip dari Antara.

Retno menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menyatakan kemitraan Indonesia-AS harus dipelihara. Guna memelihara kemitraan tersebut, diperlukan upaya serius, pemahaman satu sama lain, dan upaya menunjukkan kerja sama konkret termasuk di antaranya kerja sama ekonomi.

"Presiden menekankan bahwa Indonesia ingin melihat kerja sama ekonomi kedua negara meningkat di masa yang akan datang, termasuk tentunya harapan terhadap perpanjangan GSP facilities kepada Indonesia," beber Menlu.

Baca Juga: Pertanyakan Sumbangsih Generasi Milenial, Megawati: Masa Cuma Demo Saja?

Baca Juga: Menag Dukung Keputusan Kemenlu Panggil Duta Besar Prancis 

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x