Waspada Ini 11 Aplikasi Pencuri Data Pribadi di HP Versi Polisi, Beberapa Berkedok Azan dan Al-Quran Digital

- 23 April 2022, 01:48 WIB
Ilustrasi. Waspada Ini 11 Aplikasi Pencuri Data Pribadi di HP Versi Polisi, Beberapa Berkedok Azan dan Al-Quran Digital
Ilustrasi. Waspada Ini 11 Aplikasi Pencuri Data Pribadi di HP Versi Polisi, Beberapa Berkedok Azan dan Al-Quran Digital /pexels.com/Pixabay

 

SERANG NEWS – Polisi berhasil membongkar adanya 11 aplikasi di HP yang terindikasi melakukan pencurian data pribadi para pengguna.

Dari 11 aplikasi yang disebut, beberapa diantaranya memakai kedok azan dan bacaan Al-Quran.

Informasi tersebut dirilis oleh Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang berhasil membongkar kejahatan berupa pencurian data pribadi.

Dari informasi yang diberikan Polisi bahwa aplikasi tersebut mencuri data pribadi melalui pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencangkup kemampuan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email, nomor telepon dan bahkan alamat MAC router modern pengguna dan SSID jaringan.

"Waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store," tulis @siberpoldametrojaya dikutip Sabtu 23 April 2022.

Baca Juga: Ini Asal dan Pemilik Aplikasi Binomo yang Dipakai Pelaku Binary Option Indra Kenz

Masih menurut keterangan polisi, aplikasi berbahaya yang diduga melakukan upaya pencurian data pribadi bisa diunduh melalui aplikasi Play Store.

Berikut daftar 11 aplikasi di Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi:

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x