Geger Potensi Kecurangan Seleksi SKD CPNS 2021, Ini 5 Sistem Deteksi Data BKN dan Badan Siber Sandi Negara

- 3 November 2021, 07:30 WIB
Geger potensi kecurangan seleksi SKD CPNS 2021, Ini 5 sistem deteksi data CAT BKN dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN).
Geger potensi kecurangan seleksi SKD CPNS 2021, Ini 5 sistem deteksi data CAT BKN dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN). /Intstagram/@bssn_ri/

SERANG NEWS – Gegernya kecurangan di beberapa titik saat Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2021 menjadi warning keras Badan Kepegawain Negara (BKN).

BKN mengakui bahwa adanya potensi kecurangan tersebut dalam proses SKD beberapa waktu lalu.

Pihaknya telah melakukan investigasi laporan terhadap kasus tersebut. Selain itu, BKN juga telah menyiapkan sistem dengan memanfaatkan teknologi informasi Artificial Integenth (AI) untuk mendeteksinya.

Baca Juga: Kecurangan CPNS 2021, Akankah Nama-namanya Dipublikasikan dan di-Blacklist Seumur Hidup, Ini kata BKN

“Ada potensi kecurangan dalam tes SKD beberapa waktu lalu. BKN tentu saja dalam hal ini berterima kasih kepada masyarakat atas atensi terkait seleksi ini,” kata kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen saat konferensi pers virual, Selasa 2 November 2021.

BKN menyadari bahwa peran aktif masarakat dalam ikut mengawal proses seleksi CPNS 2021 sangat penting. Hal itu sebagai bagian dari transparansi dan sama-sama mengawalnya proses seleksi.

“Ini adalah bagian transparansi yang kita bangun, kita sadar betul tidak akan mengawal seleksi ini kalau sendirian. Jadi peran masyarakat kalau ada kecurangan tentu akan membuat kami semakin bertanggung jawab,” katanya.

Baca Juga: Sudah Lulus SKD, Catat Ini Rangkaian Jadwal Terbaru SKB CPNS 2021 dari BKN

Karena itu, pihaknya akan menyiapkan teknologi informasi dalam proses tahapan selanjutnya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x