Bahas Pertanian di Masa Sultan Ageng Tirtayasa, IKA Faperta Untirta: Mari Jayakan Kembali Pertanian Banten

- 14 April 2021, 19:24 WIB
Ilustrasi pertanian.
Ilustrasi pertanian. /Pixabay.com/sasint.

SERANG NEWS - Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (Faperta) Untirta mengajak kembali menciptakan kejayaan di bidang pertanian di Banten.

Hal itu disampaikan melalui Webinar Nasional dengan tema 'Pertanian Pada Masa Sultan Ageng Tirtayasa' pada Minggu11 April 2021 lalu secara daring.

Webinar dipandu oleh M. Baidowi sebagai Ketua Pelaksana dan Ketua IKA Faperta Untirta Rizal Aziz, kemudian dibuka oleh Dekan Faperta Untirta Prof Nurmayulis.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tandatangani Keppres Penetapan Cuti Bersama ASN, Begini Penjelasannya

Alasan diangkatnya tema tersebut karena, Kesultanan Banten pernah mengalami puncak kejayaan pada masa Sultan Ageng Tirtayasa periode 1651-1682.

Kemajuan itu ditopang oleh sektor pertanian yang menjadi tulang punggung perekonomian. Namun kejayaan perekonomian Kesultanan Banten itu menjadi paradoks bagi pertanian Provinsi Banten di masa saat ini.

Kondisi luas tanah pertanian Banten yang semakin menyusut, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Banten yang masih tinggi dan Nilai Tukar Petani (NTP) Banten yang belum layak menunjukkan pertanian Banten harus terus dibenahi.

Baca Juga: Bisa Mudik Lebaran Tanpa Dicekat Polisi, Ini Syarat Waktunya

Dekan Fakultas Pertanian Untirta Prof Nurmayulis menyinggung, masalah pertanian hari-hari ini yang tengah dihadapi seperti penurunan luas tanah pertanian dan petani yang kian didominasi usia lanjut.

"Karena itu Webinar ini sangat penting sebagai refleksi kita untuk kemajuan pertanian Banten saat ini dan di masa yang akan datang," katanya saat memberikan sambutan.

Halaman:

Editor: Kiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x