Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bayah, Tidak Berpotensi Tsunami

- 14 April 2021, 15:04 WIB
Gempa magnitudo 5,1 di Bayah, Lebak, Banten
Gempa magnitudo 5,1 di Bayah, Lebak, Banten /Tangkap layar/Twitter @infoBMKG

SERANG NEWS - Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Bayah, Kabupaten Lebak, Banten atau Barat Daya Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu 14 April 2021 pukul 13.28 WIB.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada pada kedalaman 17 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

"#Gempa Mag:5.1, 14-Apr-21 13:28:40 WIB, Lok:7.39 LS,105.97 BT (59 km BaratDaya BAYAH-BANTEN), Kedlmn:17 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG pada Rabu 14 April 2021.

Baca Juga: Bocoran Love Story The Series Rabu 14 April 2021: Tersulut Emosi, Rama Balas Perbuatan Reno

Baca Juga: Seorang Guru di Tarakan Diduga Sodomi Empat Orang Siswa, Modusnya Minta Dipijit

Dikutip dari laman bmkg.go.id, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kalapa Nunggal, Cisaat Kabupaten Sukabumi III MMI dengan Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Di Jakarta, Bayah, Pelabuhan Ratu, Palangpang Ciemas, Sagaranten, Curug Kembar II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Minta Pengusaha Bayar THR Pekerja Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x