Bapak Pers Nasional Jadi Nama Jalan di Kota Bogor, Ini Respon Keluarga Besar Tirto Adhi Soerjo

- 10 November 2021, 19:50 WIB
Cicit Tirto Adhi Soerjo Okky Tirto (kanan) dan penulis buku Karya-karya Lengkap Tirto Aadhi Soerjo, Muhidin M Dahlan saat haul Tirto Adhi Soerjo ke 102 tahun di Kota Serang tahun lalu.
Cicit Tirto Adhi Soerjo Okky Tirto (kanan) dan penulis buku Karya-karya Lengkap Tirto Aadhi Soerjo, Muhidin M Dahlan saat haul Tirto Adhi Soerjo ke 102 tahun di Kota Serang tahun lalu. /Dok. Journalist Lecture/

SERANG NEWS - Bapak Pers Nasional RM Tirto Adhi Soerjo resmi menjadi nama jalan di Kota Bogor.

Penetapan dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa RM Tirto Adhi Soerjo. Bukan saja sebagai Bapak Pers Nasional, melainkan pula atas sebagai salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Keluarga besar RM Tirto Soerjo turut menyambut baik penetapan yang dilakukan oleh Walikota Bogor Bima Arya.

"Saya mengapresiasi Kang Bima Arya dan jajaran Pemkot Bogor yang menetapkan Nama RM Tirto Adhi Soerjo sebagai nama Jalan di Bogor," kata Okky Tirto selaku cicit Tirto Adhi Soerjo saat dihubungi SerangNews.com, Rabu 10 November 2021.

Baca Juga: Bapak Pers Nasional Jadi Jalan di Kota Bogor, Bima Arya: Penting Menjaga Jurnalisme Kritis dan Sehat

Hanya saja, Okky memberikan sedikit catatan. Menurutnya, jalan yang menyejarah dengan keberadaan Tirto Adhi Soerjo adalah jalan di Kawasan Empang Bogor.

"Sebab Tirto pernah berada di sana dalam membangun pergerakan Sarekat Dagang Islamijah, bersama sejumlah kawan dari berbagai latar belakang, juga keturunan Hadrami di daerah tersebut," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak mempersoalkannya. Sebab, yang lebih penting adalah pesan yang ingin disampaikan Pemkot Bogor atas penetapan jalan RM Tirto Adhi Soerjo atau Bapak Pers Nasional.

Baca Juga: Tirto Adhi Soerjo, Jejak Bapak Pers sekaligus Pahlawan Nasional

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x