Tirto Adhi Soerjo dalam Ingatan Tulisan ‘Mangkat’ Mas Marco Kartodikromo

- 7 Desember 2020, 11:17 WIB
Makam Tirto Adhi Soerjo Bapak Pers Indonesia yang mendirikan Medan Prijaji di Manggadua, Jakarta.
Makam Tirto Adhi Soerjo Bapak Pers Indonesia yang mendirikan Medan Prijaji di Manggadua, Jakarta. /Serang News/FB Binhad Nurrohmat/

SERANG NEWS – 7 Desember 2020 tepat 102 tahun Bapak Pers Nasional Tirto Adhi Soerjo meninggal dunia.

Prosesi pemakaman sosok penting yang menjadi pelopor pers bumiputra pertama masa itu begitu sunyi. Tak ada iring-iringan besar, dan pidato yang mewakili jasa dan amalnya.

Bagi seorang jurnalis kenamaan, yang dalam dasawarsa pertama masa itu banyak disebut pers Hindia maupun Belanda, memang terlalu sedikit tanggapan atas kematiannya. Namun, dari yang sedikit adalah sepucuk surat dari Jakarta pada De Lokomotief, Semarang yang menerangkan.

Baca Juga: Puisi untuk ‘Sang Pemula’ Tirto Adhi Soerjo dalam Lentera Pergerakan Indonesia

“…sebuah kuburan di Manggadua, Batavia, yang sedikit pun tak berbeda dari kuburan-kuburan lain dan sekitarnya adalah tempat istirahat terakhir pekerja dan jurnalis ini…,” tulis De Lokomotief yang dikutip dalam Sang Pemula karya Pramoedya Ananta Toer.

“Harian-harian Pribumi tiada menyinggung lagi tentangnya dan sampailah kemudian ketelinga kami, bahwa orang membisu tentangnya dikarenakan hormat yang mendalam kepadanya lantaran tahun-tahunnya yang memilukan. Karena Tirto Adhi Soerjo menjadi korban kerja kerasnya sendiri, dalam tujuh-delapan tahun terakhir telah sepenuhnya rusak ingatan dan takut orang….” tulis lebih lanjut koran yang kali pertama terbit pada 1845 di Semarang, menuliskan kabar pemakaman yang berlangsung pada 7 Desember 1918.

Selain kabar itu, Mas Marco Kartodikromo yang dikenal sebagai kader ideologis dalam jurnalistik dan gerakan, juga menulis ingatannya atas sosok Tirto Adhi Soerjo. Tulisan berjudul “Mangkat” ini dimuat dalam Kabar Djawi Hisworo, enam hari paska pemakaman atau pada 13 Desember 1918.

Baca Juga: Tirto Adhi Soerjo, Anak Bangsawan yang Memilih Jalan Pers Pergerakan dan Kebangsaan

Sebagai bentuk penghormatan dan peringatan Haul ke 102 tahun Tirto Adhi Soerjo, SerangNew.com kembali memuat tulisan tersebut. Redaksi hanya merubah ejaan yang disesuaikan untuk memudahkan pembaca.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x