Bapak Pers Nasional Jadi Jalan di Kota Bogor, Bima Arya: Penting Menjaga Jurnalisme Kritis dan Sehat

- 10 November 2021, 19:10 WIB
Walikota Bogor Bima Arya saat meremiskan Bapak Pers Nasional, Tirto Adhi Soerjo sebagai nama jalan di Kota Bogor.
Walikota Bogor Bima Arya saat meremiskan Bapak Pers Nasional, Tirto Adhi Soerjo sebagai nama jalan di Kota Bogor. /Instagram @okkytirto/

SERANG NEWS - Nama Bapak Pers Nasional, RM Tirto Adhi Soerjo resmi menjadi nama jalan di Kota Bogor, Jawa Barat.

Peresmian jalan RM Tirto Adhi Soerjo dilakukan Pemerintah Kota Bogor bersamaan Hari Pahlawan Nasional yang puncaknya pada Rabu, 10 November 2021.

Pemilihan Bapak Pers Nasional atau RM Tirto Adhi Soerjo sebagai jalan di Kota Bogor disebut Walikota Bogor Bima Arya sebagai bentuk penghormatan atas jasanya.

Selain juga untuk memperkenalkan sosok RM Tirto Adhi Soerjo kepada generasi milenal atas jasa sosok yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia melalui surat kabar atau media.

Baca Juga: Masa Pembuangan dan Akhir Kisah 'Jalan Sunyi' Bapak Pers Indonesia Tirto Adhi Soerjo

"Kiprahnya luar biasa, berpengaruh dan seharusnya menginspirasi. Salah satunya adalah sosok RM Tirto Adhi Soerjo," kata Bima Arya dilansir SerangNews.com dari Antara, Rabu 10 November 2021.

Diketahui, RM Tirto Adhi Soerjo adalah orang Indonesia pertama yang menerbitkan surat kabar yang dikelola dan dibiayai sendiri bumi putra di masa Hindia Belanda dan menggunakan bahasa melayu.

Tirto Adhi Soerjo mendirikan surat kabar Soenda Berita pada 1903. Kemudian, menerbitkan surat kabar nasional bernama Medan Prijaji, yang terbit kali pertama pada 1 Januari 1907.

Baca Juga: Nama-nama Media Massa yang Didirikan dan Dikelola Tirto Adhi Seorjo

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x