Pengertian Maksiat Hati, Kenali dan Simak Penjelasannya Menurut Imam Al Ghazali Dalam Kitab Bidayatul Hidayah

- 16 November 2021, 12:29 WIB
Ilustrasi - penyakit hati wajib diobati
Ilustrasi - penyakit hati wajib diobati /Pixabay/Ben Kerckx

SERANG NEWS - Sifat-sifat yang tercela (Madzmumah) yang terdapat dalam  hati sangatlah banyak. Sementara jalan untuk menyucikan hati dari semua itu sangatlah panjang dan pengobatannyapun sangatlah sulit.

Secara umum ilmu dan praktik terapi hati saat ini telah banyak hilang. Penyebabnya adalah kelalaian manusia atas diri mereka sendiri dan kesibukan mereka dalam mengumpulkan perhiasan dunia.

Dikutip dari Kitab Bidayatul Hidayah, tentang  tiga penyakit  hati, yang ketiganya saat ini banyak menggrogoti hati orang-orang yang berilmu juga hati dari kebanyakan manusia , tiga penyakit hati ini menjadi biang dari penyakit-penyakit hati lainnya.

Ketiga penyakit yang dimaksud adalah: Hasad (dengki), Riya’(suka pamer), dan ‘Ujub (suka membanggakan amal diri sendiri).

Dan hendaklah kita menghindari penyaki-penyakit hati tersebut dengan semaksimal mungkin  yakni melakukan menyucikan hati, antara lain dengan membangun dan menata niat dalam mempelajari suatu ilmu dengan sungguh-sungguh untuk mencapai ridho Allah swt.

 Baca Juga: Kunci Jawaban Materi Sejarah Kelas 4 SD: Peninggalan-peninggalan dari Kerajaan Islam di Indonesia

Disampaikan oleh Imam Al Ghazali ,“Janganlah kita menyangka bahwa engkau akan selamat hanya dengan niat yang baik sementara hadir dalam hatimu penyakit hasad, riya’ dan ‘ujub. Rasulullah saw telah bersabda:

”Ada tiga hal yang bisa membinasakan: Tamak yang dituruti, hawa nafsu yag diikuti dan sifat seseorang yang membanggakan diri sendiri”.

Sifat Hasad (dengki) adalah bagian dari ketamakan (Syuh). Lalu apa perbedaannya dengan sifat bakhil?  Bakhil adalah orang yang menahan apa-apa yang ada dalam genggamannya, dan ia tidak mau memberikannya pada orang lain.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x