Terobosan Baru Generasi Milenial di Era Digital, Masjid sebagai Media Berita: Satu Masjid Satu Konten

- 5 Maret 2022, 19:17 WIB
Ketua Departemen Ekonomi Masjid Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Arief Rosyid Hasan saat Dialog Eklusif Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta pada Jumat 4 Maret 2022.
Ketua Departemen Ekonomi Masjid Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Arief Rosyid Hasan saat Dialog Eklusif Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta pada Jumat 4 Maret 2022. /Dok. DMI/

SERANG NEWS – Masjid tak hanya sekadar tempat ibadah. Melainkan, bisa menjadi media mengedukasi masyarakat di tengah arus era digital generasi milenial.

Keberadaan masjid bisa bisa difungsikan sebagai sarana media komunikasi dalam mendorong kemajuan peradaban Islam di Indonesia.

Demikian benang merah yang dapat ditarik dari Dialog Eklusif Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta pada Jumat 4 Maret 2022.

Mengusung tema ‘Peran Komunikasi dan Media untuk Kemajuan Islam’ dialog tersebut dilangsungkan sebagai komitmen pemberdayaan generasi muda muslim atau generasi milenial melalui masjid.

Baca Juga: Jadi Ikon Wisata Religi Banten, Ini 7 Fakta Menarik Masjid Agung Banten Lama

"Sesuai komitmen yang terus kita gelar, Masjid harus menjadi masa depan, pusat ekonomi, talenta digital, solusi umat, titik temu, tempat bermain, sekaligus penyebar virus kebaikan dan kebenaran lainnya," kata Ketua Departemen Ekonomi Masjid Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Arief Rosyid Hasan.

Menurutnya, surplus generasi muda berbanding lurus dengan banjir informasi hoax yang menyesatkan dan mengadu domba. Masalah ini besar dan harus dicari solusinya sehingga tidak meluas.

Arief berharap agar kelak masjid dapat menciptakan anak-anak muda atau generasi milenial dengan berbagai skill.

Menurut Arief Rosyid, media sebagai salah satu pilar demokrasi perlu melihat pemuda dan Masjid sebagai mutiara yang harus dioptimalkan agar memproduksi berita baik dan benar sebanyak-banyaknya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x