Jadi Ikon Wisata Religi Banten, Ini 7 Fakta Menarik Masjid Agung Banten Lama

- 3 April 2021, 16:50 WIB
Masjid Agung Banten Lama di Kasemen, Kota Serang.
Masjid Agung Banten Lama di Kasemen, Kota Serang. /Instagram.com/@masranasama/

SERANG NEWS - Masjid Agung Banten Lama menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan ikon wisata religi di Banten.

Ya, Masjid Agung Banten Lama tidak hanya sebagai tempat ibadah. Akan tetaoi menjadi wisata religi di Banten sekaligus media ziarah masyarakat yang ada di Banten maupun luar daerah Pulau Jawa.

Masjid Agung Banten Lama dibangun pertama kali pada 1556 oleh Sultan pertama dari kesultanan Banten yaitu Sultan Maulana Hasanudin. Kemudian dilanjutkan Sultan-sultan selanjutnya hingga kini menjadi peninggalan dan ikon wisata religi di Banten.

Baca Juga: Selain Makam Sultan Hasanuddin, Ini 5 Tempat Wisata Ziarah di Kota Serang Banten yang Layak Dikunjungi

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Banten Paling Hits dan Populer, Mulai dari Pantai hingga Tempat Ziarah

Bagaimana fakta menarik tentang Masjid Agung Banten Lama? Simak lebih jelas mengenai fakta-fakta menarik masjid bersejarah yang menjadi ikon wisata religi di Banten, berikut ini:

  1. Arsitektur Masjid

Fakta menarik pertama dari Masjid Agung Banten Lama memiliki gaya arsitektur Belanda dan Tionghoa. Penggunaan hiasan yang simpel, menjadikan masjid ini terlihat spesial dengan mempertahankan nilai sejarahnya. 

  1. Arsitek Masjid

Tjek Ban Tjut merupakan arsitek asal Tionghoa yang diberi gelar sebagai Pangeran Adiguna yang berperan penting terhadap bangunan atap utama Masjid Agung Banten. Atap ini pun menjadi ciri khas pada Masjid tersebut.

Baca Juga: Sejarah Oeridab: Uang Banten di Masa Darurat Pemerintahan Indonesia (1) Dicetak pada Orang China

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x