Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

- 15 November 2020, 18:51 WIB
iluastrasi anak bermain Puzzle/Serangnews.com
iluastrasi anak bermain Puzzle/Serangnews.com /

SERANGNEWS.COM – Permainan puzzle selain menyenangkan bagi anak, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Permainan ini juga membuat anak menjadi lebih tertantang dalam menyelesaikan suatu masalah.

Baca Juga: Mengenal Pelayanan Okupasi Terapi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Baca Juga: Sule dan Nathalie Resmi Menjadi Pasangan Suami Istri, Begini Perasaan Andre Taulany

“Dengan bermain Puzzle, anak-anak diminta untuk menyelesaikan gambar yang tidak utuh menjadi gambar utuh,” ujar Atika Dewi Rimadhani, Klinisi Bintang Cendekia Terapi Centre, saat bincang santai dengan tim Serangnews.com, di Kota Serang, Minggu 15 November 2020.

 Baca Juga: Sanksi Denda Rp50 Juta Dibayar Cash, Menantu Habib Rizieq: Detailnya Tidak Perlu Dijelaskan

Sarjana Okupasi Terapi Poltekkes Kemenkes Surakarta ini mengatakan, bermain Puzzle juga bisa mengasah daya pikir anak menjadi lebih baik.

Atika menyebut, Puzzle juga bisa digunakan sebagai metode bermain anak untuk mengembangkan keterampilan motorik. Ini dikarenakan anak-anak diharuskan mengambil sesuatu, membuat garis dan memindahkan barang tanpa membuatnya rusak, hal ini berarti meningkatkan keterampilan motorik mereka.

“Bermain Puzzle juga membantu anak mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu sesuai tempatnya. Pengembangan keterampilan motorik ini juga akan melatih anak melakukan hal-hal dasar seperti menulis dan makan dengan baik,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x