Setelah Hipertensi, Diabetes Penyakit Penyerta Kedua Covid-19

- 14 November 2020, 23:05 WIB
Ilustrasi Diabetes
Ilustrasi Diabetes /Pixabay/

SERANGNEWS.COM - Pada peringatan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada Sabtu 14 November 2020. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan bahwa diabetes merupakan penyakit penyerta kedua Covid-19.

Peringatan Hari Diabetes Sedunia sendiri mengangkat Tema Internasional 'Diabetes: Nurses Make The Difference' dan Tema Nasional Hari Diabetes Sedunia tahun 2020 'Obati Diabetes, Cegah Comorbid COVID 19'.

Baca Juga: Bikin Baper, Ini 5 Kalimat Romantis Aldebaran Untuk Andin

"Peringatan Hari Diabetes Sedunia, tahun ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM)," tulis akun tersebut Dikutip Serangnews.com dari instagram @kemenkes_ri, Sabtu 14 November 2020.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian Kesehatan RI (@kemenkes_ri)

"Khususnya penyakit diabetes yang merupakan penyakit penyerta COVID-19, pada situasi pandemi COVID- 19 saat ini, Diabetes merupakan penyakit penyerta/ komorbid kedua setelah Hipertensi," tambahnya.

Baca Juga: Buka MTQ ke-28, Presiden Jokowi: MTQ Tidak Semata-mata Wahana Berlatih dan Berlomba

Untuk itu, perlu melakukan pencegahan diabetes dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui perilaku CERDIK.

"Yaitu cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dan gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stress," ujarnya.***

Editor: Adi R

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x