Buka MTQ ke-28, Presiden Jokowi: MTQ Tidak Semata-mata Wahana Berlatih dan Berlomba

- 14 November 2020, 22:13 WIB
Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo /Instagram @jokowi/

SERANGNEWS.COM - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-28 tahun 2020 yang akan berlangsung di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

Dalam sambutannya, presiden menyampaikan bahwa MTQ bukan hanya semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran.

"Meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang juga sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat," kata Jokowi pada kanal YouTube Sekretariat Presiden seperti dilansir Serangnews.com dari Antara, Sabtu 14 November 2020.

Baca Juga: RS Rujukan Pasien Covid-19 di Kota Sukabumi Penuh

Bagi kaum Muslimin, ucap dia Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif.

"Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," ucapnya.

Baca Juga: 96 Desa di Banten Masih Tertinggal, Ketua DPD RI: 2021 Harus Berkurang

Ia menuturkan, sudah sepatutnya umat Islam meneladan pribadi Nabi Muhammad SAW, yakni kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama.

"Kita semua sebagai umatnya harus meneladan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tersebut," ujarnya.

Baca Juga: RUU Minol Dibahas DPR, Azis Syamsuddin: Masih Dijual Bebas dan Dikonsumsi Remaja hingga Anak-anak

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x