Waspada Gunung Merapi, BNPB Catat Sebanyak 1.294 Warga Dievakuasi Ke Empat Kabupaten

- 12 November 2020, 11:08 WIB
Gunung Merapi dipantau dari Desa Jrakah, Selo, Boyolali pada Sabtu 7 November.
Gunung Merapi dipantau dari Desa Jrakah, Selo, Boyolali pada Sabtu 7 November. /PVMBG./

SERANGNEWS.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 1.294 warga yang dievakuasi ke beberapa titik di empat Kabupaten. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan mereka yang dievakuasi sebagian besar merupakan kelompok rentan, seperti lanjut usia, anak-anak, balita, ibu hamil, disabilitas dan ibu menyusui. 

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat 1.294 warga yang dievakuasi ke beberapa titik di empat kabupaten, yakni Kabupaten Boyolali, Magelang, Klaten dan Sleman. 

Baca Juga: Lagi Shalat Magrib, Jamaah Jadi Korban Pecah Kaca Mobil, Laptop MacBook Digondol

Baca Juga: Fans Mau Ketemu Arya Saloka di Lokasi Syuting? Harus Perhatikan Protokol Kesehatan

Jumlah total warga yang dievakuasi tertinggi di Kabupaten Magelang dengan jumlah 835 jiwa, disusul Sleman 203, Boyolali 133 dan Klaten 123. Mereka tersebar di tempat evakuasi sementara (TES) maupun tempat evakuasi akhir (TEA). 

Dikatakan Raditya Jati, untuk kebutuhan makan dan minum tersedia untuk para warga di tempat penampungan. 

"Para sukarelawan membantu dalam penyediaan bahan baku seperti sayuran, dan juru masak yang diproses di dapur umum atau pun mobil dapur lapangan," ujarnya. 

Begitu juga dengan pos pendukung di tempat penampungan tersedia dan siap untuk memberikan pelayanan, seperti pos kesehatan yang siaga 24 jam. 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x