Pemda Sleman Lakukan Tes Cepat Covid-19 kepada Para Pengungsi Dari Kawasan Lereng Gunung Merapi

- 6 November 2020, 18:41 WIB
Pemkab Magelang Mulai Evakuasi Warga di Zona Bahaya Merapi
Pemkab Magelang Mulai Evakuasi Warga di Zona Bahaya Merapi /Twitter/@BPBDkabmagelang

SERANGNEWS.COM - Sebagian warga yang tinggal di beberapa desa di sekitar kawasan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai mengungsi pada Jumat 6 November 2020, setelah status aktivitas gunung berapi itu dinaikkan menjadi siaga.

Di lokasi pengungsian yang berlokasi di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, para pengungsi juga menjalani tes cepat (rapid test) Covid-19.

Tes cepat tersebut karena situasi pandemi masih terjadi. "Karena masih situasi pandemi, semua pengungsi yang masuk di sini dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya dilakukan 'rapid test'," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin saat meninjau lokasi pengungsian.

Ada sebanyak 126 jiwa warga Desa Krinjing, Kecamatan Dukun yang saat ini mengungsi di Balai Desa Deyangan tersebut.

Baca Juga: BPBD DI Yogyakarta Mulai Siap-siap Evakuasi Warga Rentan Dari Kawasan Lereng Gunung Merapi

Zaenal menyampaikan jika dari hasil tes cepat tersebut hasilnya reaktif akan dirujuk menuju rumah sakit. Nantinya akan dilakukan penanganan lebih lanjut. "Kalau ditemukan reaktif akan langsung dirujuk ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti dengan tes usap (swab)," katanya dilansir dari Antara.

Menurut dia hal tersebut perlu dilakukan dengan harapan tidak ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan. "Harapannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai menular pada pengungsi yang lain," demikian Zaenal Arifin.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto, semalam ada kesepakatan dari aparat Desa Paten, Krinjing, dan Ngargomulyo di Kecamatan Dukun untuk mulai mengungsikan sebagian warga guna meminimalkan dampak jika Gunung Merapi meletus.

Baca Juga: Reses Partisipatif, Solusi Serap Aspirasi di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x