Untuk BLT Dana Desa, Pemerintah Sudah Salurkan Rp18 Triliun

- 4 November 2020, 13:53 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /DJPB Kemenkeu./

SERANGNEWS.COM - Pemerintah Indonesia sudah menyalurkan Rp18 triliun lebih untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan, pemerintah sudah menyalurkan Rp18,1 triliun kepada 8.001.512 keluarga penerima manfaat (KPM) di perdesaan dan berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan daya beli warga dan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi desa.

“Dana desa untuk BLT yang sudah tersalur mencapai Rp18 triliun lebih. Ini merupakan salah satu kegiatan pendukung resiliensi ekonomi desa melalui BLT Dana Desa,” kata Budi dalam siaran persnya seperti dikutip Serangnews.com dari Antara, Rabu 4 November 2020.

Baca Juga: Kabar Gembira! Januari 2021 Pemkot Serang Distribusikan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

Baca Juga: Luncurkan Merdeka Belajar, Nadiem: Bonus Rp500 Miliar untuk PTN yang Capai Indikator Kinerja Utama

Ia mengatakan, dampak pandemi Covid-19 meluas hingga warga desa pun merasakannya. Sehingga, dana desa banyak disalurkan untuk BLT. Namun, selain BLT dana desa juga digunakan untuk program Padat Karya Tunai Desa (PKDT).

"Maka sesuai arahan Presiden, Dana Desa dialokasikan untuk tiga hal yakni BLT, PKTD, dan berbagai program sosial untuk mendukung jaring pengaman sosial bagi masyarakat perdesaan," ucapnya.

Untuk tahun 2020, ujar dia, sampai dengan 24 Oktober tercatat sudah 80,87 persen dana desa yang sudah masuk ke Rekening Kas Desa (RKDes), presentase itu lebih tinggi dibanding tahun 2019 yang hanya tercatat 61, 54 persen.

Baca Juga: Inter Kalah Tipis Dari Real Madrid, Young : Kami Bisa Saja Tuntaskan Comeback 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x