Mantan Jenderal TNI Ajak Masyarakat Bumikan Moderasi Beragama  

- 4 November 2020, 11:15 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi.
Menteri Agama Fachrul Razi. /Kemenag. /

SERANGNEWS.COM - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan, penguatan moderasi beragama masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024 sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020. 

Sehingga, Kementerian Agama telah merancang sejumlah program implementasinya, salah satunya adalah penguatan peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"Harapan kami, Rakornas ini dapat menghasilkan konsep-konsep jitu dan bijak untuk lebih memberdayakan dan menghasilgunakan peran FKUB, dalam konteks membumikan moderasi beragama di tengah masyarakat," kata Fachrul saat memberikan sambutan pengantar pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) FKUB yang berlangsung secara luring dan daring, Selasa, 3 November 2020. 

Baca Juga: Jerink SID Dituntut Tiga Tahun Penjara, Fadlin Zon: Demokrasi Kita Mundur

Dilansir serangnews.com dari laman kemenag.go.id, menurut mantan jenderal TNI itu, selama ini pemerintah telah memfasilitasi keinginan masyarakat untuk membentuk forum koordinasi dan konsultasi yang kemudian dikenal dengan istilah FKUB. 

Pembentukan forum ini dilakukan dengan memberdayakan peran strategis dari tokoh-tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, khususnya majelis-majelis dan organisasi keagamaan. 

"Forum ini dibentuk dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Baca Juga: Ariel Noah Blak-blakan Selama di Penjara, Akui Banyak Pelajaran Berharga dari Banyak Orang

"FKUB agar terus mengajak umat beragama untuk berpegang teguh pada esensi ajaran semua agama, yang selalu mengajak pada kehidupan yang damai, toleran, adil, dan saling menghormati perbedaan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x