Kader PDIP Minta Pemerintah Audit Dana Bantuan untuk Warga Palestina

- 22 Mei 2021, 16:48 WIB
Aksi Bela Palestina di Makassar, Kecam Kekerasan Tentara Israel dan Galang Dana dari Masyarakat
Aksi Bela Palestina di Makassar, Kecam Kekerasan Tentara Israel dan Galang Dana dari Masyarakat /IST/

SERANG NEWS-- Aksi galang dana sejumlah komunitas masyarakat untuk membantu warga Palestina yang terkena dampak agresi militer Israel ikut ditanggapi oleh Anggota DPR RI Muchamad Nabil Haroen.

Kader PDI Perjuangan itu meminta agar Pemerintah Indonesia untuk mengaudit aliran dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Audit itu diperlukan demi kebaikan bersama sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas bantuan kemanusiaan.

"Banyak sekali lembaga dan bahkan perseorangan yang menggalang dukungan dan menghimpun dana atas nama Palestina," kata Nabil dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Baca Juga: Viral! Rencana Menikah di Bulan Syawal, Gadis Palestina Penghafal Alquran Tewas Kena Bom Israel

Pemilik sapaan Gus Nabil itu juga meminta agar pemerintah menetapkan aturan dan mekanisme distribusi bantuan ke luar negeri.

"Seyogianya Pemerintah Indonesia menetapkan regulasi dan sekaligus mekanisme distribusi dana untuk Palestina, dengan melibatkan pihak terkait semisal duta besar atau wakil otoritas Palestina di Jakarta," kata anggota Komisi IX DPR tersebut.

Baca Juga: Pemain MU Paul Pogba dan Amad Diallo Pamerkan Bendera Palestina di Old Trafford

Politisi PDI Perjuangan itu menyatakan Pemerintah Indonesia sejak awal menyampaikan sikap mendukung kedaulatan Palestina seraya mengutuk agresi dan segala bentuk penjajahan. Pemerintah Indonesia juga menggalang dukungan berbagai negara untuk bersama-sama menyatakan sikap dan meminta PBB menghentikan kekerasan di Israel-Palestina.

"Warga Muslim Indonesia juga menyatakan sikap dan kepedulian yang luar biasa, yang intinya mendukung perdamaian antardua pihak," ujar Ketua Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x