Minta Menkes dan Mendagri ke Daerah Jelang Suntik Vaksin Serentak: Dirikan Posko Hingga Kelurahan!

- 5 Januari 2021, 23:09 WIB
Ilustrasi Covid-19. Ribuan penerima bansos ternyata sudah meninggal.
Ilustrasi Covid-19. Ribuan penerima bansos ternyata sudah meninggal. /

 

SERANG NEWS – Masyarakat diminta untuk terus menjaga protokol kesehatan. Hal ini sebagai bentuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pemerintah juga sudah menyiapkan program suntuk vaksin Covid-19. Sesuai rencana, pemberian vaksin akan dimulai pada tanggal 13 Januari 2020. Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang menerima suntik vaksin. Disusul dengan sejumlah menteri dan tenaga medis.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebut vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan dalam waktu dekat tidak menjadikan alasan bagi masyarakat mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga: Jelang Vaksinasi Covid-19 di Banten, WH: Diatur Agar Tidak Terjadi Keributan

"Kita jangan sampai kendor mengenai 3M ini dan kemudian bukan hanya memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan secara benar dan sering, tapi kerumunan. Ini bisa menjadi super spreader, percuma kita melakukan tracing, nggak ada gunanya kalau sudah kerumunannya," tegas ujar Menteri Tito pada Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Selasa 5 Januari 2021.

Senada dengan Tito, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga menghimbau agar masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Baca Juga: Tito Keluarkan Instruksi Soal Prokes, Kepala Daerah Bisa Diberhentikan

"Narasi tentang vaksin ini jangan sampai nantinya membuat masyarakat menganggap setelah ada vaksin itu semuanya akan selesai, tidak. Vaksin tidak akan seketika menghentikan Covid, vaksin tidak akan bisa membuat orang yang tidak divaksin itu juga luput dari Covid-19," tutur Doni.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: PMJ News ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah