Jamaah Islamiyah Masih Hidup dengan Kekuatan Militer, ini Rangkaian Teror yang Tewaskan 27 Orang

- 1 Desember 2020, 13:51 WIB
Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh pihak Polri, kelompok Jamaah Islamiyah hingga saat ini masih bertahan bahkan memiliki kekuatan militer.
Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh pihak Polri, kelompok Jamaah Islamiyah hingga saat ini masih bertahan bahkan memiliki kekuatan militer. //Antara/

SERANG NEWS - Kelompok Jamaah Islamiyah (JI) sudah ditetapkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai organisasi terlarang pada 2008 silam.

Akan tetapi, Polri melaporkan JI masih bertahan dan berkembang dengan memiliki kekuatan secara militer.

Keyakinan tersebut disebutkan Polri setelah terjadi penangkapan Densus 88 Antiteror terhadap 24 anggota JI di berbagai wilayah di Indonesia sepanjang Oktober hingga November 2020.

"JI masih terus berkembang. JI sampai saat ini masih tetap hidup dan memiliki kekuatan secara militer," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 30 November 2020.

Baca Juga: Kutuk Teror MIT di Kabupaten Sigi, Presiden Jokowi: Kita Semua Harus Bersatu Melawan Terorisme

Menurut Polri, mereka yang tertangkap ada beberapa yang menjadi pimpinan JI dan berperan dalam mengendalikan organisasi dan mendanai operasinya.

Awi menyebut, JI menjadi dalang dari sejumlah tindak pidana terorisme di Indonesia. Mulai dari Bom Bali I dan II, bom di Hotel JW Marriott, dan bom malam Natal tahun 2000.

"Rangkaian tindak pidana terorisme itu mengakibatkan 2.000 orang menjadi korban, baik korban meninggal dunia, cacat maupun luka-luka," katanya dilansir SerangNews.com dari Antara, Selasa 1 Desember 2020.

Densus 88 Antiteror Polri menangkap teroris Taufik Bulaga (TB) alias Upik Lawanga di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada 23 November 2020. Tak hanya menangkap Upik, Densus juga meringkus tujuh orang rekan Upik lainnya di Lampung pada 23 November dan 25 November 2020.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x