Pemberangkatan Haji 2021, Kemenag Siapkan Tiga Alternatif

- 28 November 2020, 17:06 WIB
Menag Fachrul Razi
Menag Fachrul Razi /

SERANG NEWS - Meski musim haji 2021 akan diselenggarakan setahun lagi, Pemerintah Indonesia sudah membuat perencanaan pelaksanaannya. Tiga skema disiapkan Kementrian Agama Republik Indonesia.

"Kita siapkan tiga alternatif untuk kuota haji tahun 2021 mendatang sambil menunggu keputusan dari pihak Saudi Arabia terkait kuota haji untuk Indonesia pada tahun 2021 mendatang," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam kunjungannya di Kupang, Sabtu 28 November 2020.

Tiga alternatif itu antara lain Kemenag menyiapkan kuota penuh apabila situasi Covid-19 di dunia sudah membaik. Yang kedua adalah pembatasan kuota jamaah haji dari 30 sampai 50 persen jika Covid-19 masih ada.

Baca Juga: Menag Fachrul Razi: Angka Perceraian Meningkat Semasa Covid-19 

Baca Juga: Sambut Baik Akan Dibukanya Sekolah Tatap Muka, Menag Mengaku Rindu Anak Sekolah

Kemudian yang ketiga pemberangkatan jamaah haji ditunda lagi jika pemerintah Arab Saudi menutup akses layanan penyelenggaraan ibadah haji.

"Yang ketiga tidak ada pengiriman sama sekali, karena memang dibatalkan oleh mereka.Tetapi kita sama-sama berdoa agar tetap berlangsung dengan kuota penuh," ujarnya dikutip Serangnews.com dari Antara. 

Ia mengatakan sampai saat ini belum dipastikan apakah ada keberangkatan haji lagi di tengah Covid-19 ini. Sebab sebelumnya Plt. Dirjen Bimas haji beberapa waktu lalu pulang dari Arab Saudi belum ada jawaban dari pihak Arab Saudi.

Baca Juga: Indonesia Belum Dapat Kuota Haji 2021, Kemungkinan Terburuk Tidak Berangkatkan Jamaah 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x