Husain Djajadiningrat dan Maria Ulfah, Dua Tokoh Banten di Keanggotaan BPUPKI Kemerdekaan Indonesia

- 16 Agustus 2021, 15:57 WIB
Husain Djajadiningrat dan Maria Ulfah Santoso, dua tokoh Banten dalam keanggotaan BPUPKI Kemerdekaan Indoenesia.
Husain Djajadiningrat dan Maria Ulfah Santoso, dua tokoh Banten dalam keanggotaan BPUPKI Kemerdekaan Indoenesia. /Reprod Dok. Buku Risalah BPUKI dan Mathlaul Anwar./

SERANG NEWS - Nama Pangeran Ario atau Prof. Dr Husain Djajadingrat dan Raden Ayu Maria Ulfah adalah dua nama yang cukup familiar perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Namun siapa yang tahu, jika sosok yang dilahirkan di Serang Banten ini, adalah dua nama yang tercatat dalam keanggotaan Dokuritu Junbi Cosakai atau yang sering dikenal sebutan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Diketahui, BPUPKI adalah sebuah Badan yang diwujudkan oleh Pemerintah Angkatan Darat XVI Jepang yang bermarkas di Jakarta. BPUPKI ini beranggotakan 67 orang,terdiri dari 60 orang Indonesia dan sisanya termasuk orang Indonesia.

Baca Juga: Daftar Pembahasan dalam Dokumen Risalah Sidang BPUPKI dan PPKI Kemerdekaan Indonesia

Mereka beranggotakan para tokoh perintis kemerdekaan yang diketuai Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat, dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin Raden Pandji Soeroso dengan wakil Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko (orang Jepang).

Tugas BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, serta hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

Baca Juga: Profil dan Biodata AR Baswedan, Wartawan dan Kakek Anies Baswedan yang Tercatat sebagai anggota BPUPKI

Dari nama-nama yang  Nama Pangeran Ario atau Prof. Dr Husain Djajadingrat dan Raden Ayu Maria Ulfah yang merupakan putra dan putri asal Serang, Banten ada di dalamnya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x