Supaya Silaturahim Lebih Sempurna, Ini 9 Adab Bertamu Dalam Islam

- 13 November 2020, 13:26 WIB
Ruang tamu
Ruang tamu /Pixabay/

SERANGNEWS.COM - Silaturahim merupakan perbuatan yang dianjurkan dalam islam. Namun, dalam islam juga diatur bagaimana adab mengunjungi rumah orang lain yang benar.

Dengan mempraktekan adab yang diajarkan dalam islam, maka proses bertamu dan silaturahmi kita akan menjadi lebih sempurna.

Selain adab bagi tamu, islam juga mengajarkan adab bagi tuan rumah. Sehingga, kedua belah pihak memiliki batasan.

Baca Juga: Habib Rizieq Shihab Bidik Kabupaten Bogor Menjadi Agenda Safari Dakwah Pertamanya

Seperti diberitakan mantrasukabumi.com dengan judul 'Sering Disepelekan, Berikut 9 Adab dalam Bertamu Menurut Islam'. Berikut 9 adab bertamu yang harus diingat.

1. Mintalah izin untuk masuk dan berdirilah di samping pintu atau menghadap ke arah luar. Allah (Subhanahu wata'ala) berfirman yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat." (QS. An-Nur: 27)

Baca Juga: Singgung Perdamaian Indo-Pasifik, Presiden Jokowi Sebut China Pemimpin Ekonomi Global

2.Hindari bertamu di waktu yang tidak tepat. Seperti bertamu di waktu istirahat atau di waktu orang bekerja. Kecuali jika sangat mendesak. Allah SWT mengajarkan tentang 3 waktu privasi, dimana anak-anak tidak boleh masuk kamar orang tuanya, kecuali setelah minta izin. Allah (Subhanahu wata'ala) berfirman yang artinya,

"Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya' (Itulah) tiga (waktu buka) 'aurat bagi kamu.” (QS. An-Nur: 58).

3. Dianjurkan untuk membawa hadiah ketika bertamu.KKarena ini akan mempererat persaudaraan Nabi (Shallallahu 'alaihi wasallam) bersabda, "Biasakan saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai." (HR. Bukhari) .

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x