Fenomena Panas Terik Berlebih Melanda Indonesia, Ini Penyebab dan Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

- 10 Mei 2022, 15:07 WIB
Ilustrasi suhu terik
Ilustrasi suhu terik /ilustrasi pixabay /

SERANG NEWS - Beberapa hari terakhir, masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia merasakan panas terik dengan suhu yang lebih daripada biasanya.

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum terukur selama periode tanggal 01 - 07 Mei 2022 berkisar antara 33-36.1 derajat Celcius.

Suhu maksimum tertinggi 36.1 derajat Celcius terjadi di dua wilayah yakni Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Baca Juga: Apa Saja Kandungan pada Skincare yang Baik untuk Kulit Wajah? Coba Simak Penjelasannya 

Ada beberapa hal yang memicu fenomena panas terik ini terjadi. Berikut penjelasan yang diungkap BMKG terkait hal ini:

1. Posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasi bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Di musim kemarau, tingkat pertumbuhan awan dan hujan akan sangat berkurang sehingga cuaca cerah pada pagi dan siang hari akan cukup mendominasi.

Baca Juga: Resep Ramuan Herbal dari dr Zaidul Akbar yang Bermanfaat untuk Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

2. Dominasi cuaca cerah dan tingkat pertumbuhan awan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu menjadi lebih panas dan terik pada siang hari.

BMKG juga menambahkan bahwa fenomena panas terik ini yang sedang terjadi di wilayah Indonesia ini bukanlah fenomena gelombang panas.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: BMKG Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x