Ibu Hamil Dapat Bansos Kemensos, Ini Syarat dan Ketentuan Agar Cair Rp 3 Juta

- 14 Januari 2021, 21:50 WIB
Pencairan BLT UMKM Rp2,4 Juta Tutup Akhir Januari 2021, Buruan Cek Penerimanya di eform.bri.co.id/bpumi
Pencairan BLT UMKM Rp2,4 Juta Tutup Akhir Januari 2021, Buruan Cek Penerimanya di eform.bri.co.id/bpumi /Pixabay/Ekoanug

SERANG NEWS – Kementerian Sosial terus menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak penyebaran virus Covid-19. Salah satu dari penerima manfaat bantuan sosial ini adalah Ibu hamil. Bantuan sebesar Rp 3 juta diberikan secara langsung melalui bank Himbara seperti BRI, BNI dan Mandiri.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di lingkungan terdekat.

Adapun syarat bagi ibu hamil untuk mendapatkan bansos ini adalah wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS maka bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW terlebih dahulu, lalu disampaikan ke kelurahan.

Baca Juga: Login dtks.kemensos.go.id, Cek Daftar Penerima BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta 

Baca Juga: Alhamdulillah, BLT Modal Usaha Rp 3,5 Juta Cair, Cek Daftar Peserta di dtks.kemensos.go.id

Setelah mendapat BLT PKH 2021, ibu hamil juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan di faskes sebanyak minimal 4 kali selama kehamilan hingga melahirkan.

BLT PKH 2021 juga akan diberikan kepada anak usia dini senilai Rp3 juta, penyandang disabilitas berat senilai Rp2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta.

Baca Juga: SIMAK! Berikut Syarat dan Cara Daftar BLT Ibu Hamil Rp3 Juta 

Kemudian untuk anak sekolah yang duduk di bangku SD/MI/sederajat akan mendapatkan BLT PKH 2021 sebesar Rp900 ribu. Kemudian SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp1,5 juta. Bagi pelajar SMA/MA/ sederajat akan mendapatkan Rp2 juta.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x