Kembangkan Potensi Pondok Pesantren, Wapres Ma'ruf Amin: Harus Ada Kolaborasi Ekonomi

- 16 November 2020, 22:30 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin. /twitter.com/@Kiyai_MarufAmin

SERANG NEWS - Pondok pesantren dinilai memiliki potensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, perlu ada pengembangan usaha dalam pondok pesantren yang jumlah sangat besar.

Kendati demikian, dalam pengembangan ekonomi pondok pesantren perlu ada kolaborasi dan keterlibatan pihak lain. Hal ini agar upaya tersebut bisa segera tumbuh secara maksimal.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menilai, kolaborasi menjadi salah satu penting dalam membangun pemberdayaan ekonomi pondok pesantren.

Baca Juga: Irjen Ahmad Dofiri, Mantan Kapolda Banten yang Kini jadi Kapolda Jabar

"Tentu tidak mungkin pesantren itu sendiri, harus kolaborasi kemitraan. Jadi memang sekarang itu sedang dibangun, di mana saja tidak ada orang berdiri-sendiri itu. Harus ada economic collaboration (kolaborasi ekonomi) di mana-mana, apalagi pesantren," katanya pada pertemuan dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, Bara Imaji dan ProArt8 melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin 16 November 2020.

Selain dengan sesama pondok pesantren, lanjut Ma'ruf Amin, kolaborasi juga bisa dilakukan dengan pihak-pihak lain. "Pesantren itu juga harus berkolaborasi dengan banyak pihak,” ujarnya.

Ia menilai, jumlah pondok pesantren yang tersebar luas di seluruh Indonesia sangatlah besar. Akan tetapi selama ini belum dioptimalkan potensi ekonominya.

Baca Juga: Tidur Terlalu Lama Tidak Baik Bagi Tubuh, Berikut 5 Efeknya

Oleh karena itu, perlu ada inisiatif dari masing-masing pondok pesantren untuk mengambangkan potensinya sekaligus pembinaan dan kolaborasi yang tepat.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Setneg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x