Satelit Republik Indonesia Ditenggat 2023, Ma’ruf Amin: Infrastruktur Tol Langit untuk Desa Digital

- 10 November 2020, 06:30 WIB
Ilustrasi Satelit Palapa Nusantara dua
Ilustrasi Satelit Palapa Nusantara dua /Pixaby

SERANGNEWS.COM – Pembangunan Satelit Republik Indonesia (SATRIA) ditenggat selesai pada 2023 yang diproyeksikan sebagai tol langit.

Jaringan infrastruktur teknologi ini untuk mempercepat pembangunan. Salah satunya, pembangunan desa berbasis digital.

Oleh karena itu, pemerintah sedang meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara cepat dan efisien melalui pembangunan desa digital.

Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin akselerasi pembangunan desa bisa dilakukan secara cepat dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga: Video Mirip Gisel Viral, 8 Akun Penyebar Video Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya  

“Pemberdayaan harus disesuaikan dengan potensi SDM dan SDA desa, unsur kearifan lokal, karakteristik budaya masyarakatnya, serta memanfaatkan teknologi digital,” katanya dalam webinar “Desa Digital Tol Langit” sebagaimana dikutip Serangnews.com pada lama Setneg, Senin 9 November 2020.

Ma’ruf Amin mengatakan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi mutlak diperlukan dalam pembangunan desa digital. Di antaranya, penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk dan pendampingannya.

“Upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi dan informasi adalah dengan menyediakan kualitas layanan internet cepat bagi 514 kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia, melalui Tol Langit,” terangnya.

Baca Juga: Cegah Cluster Baru Penyebaran Covid-19, Mahfud MD Minta Tahapan Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Setneg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x